Pengenalan Model Truk Dump Komatsu HD785-7
Siapa yang tidak kenal Komatsu HD785, salah satu produk unggulan Komatsu yang di pasarkan oleh PT.United Tractors Tbk di seluruh penambangan Indonesia.Sejak pertama kali dipasarkan di Indonesia HD785-3 hingga sekarang HD785-7, produk ini laris manis bak kacang goreng, Mulai dari pemilik uang besar seperti KPC, BHP Arutmin dan Kideco Jaya Agung hingga kontraktor penambangan seperti PAMA, Thiess, Petrosea, Darma Henwa, SMJ, BIP, SIS, Madhani dan lain-lain yang pernah menggunakan model unit ini hingga sekarang.
Jika dibandingkan dengan pesaing-nya yang sekelas semisal CAT 777 B / C / D, Terex 33100, Euclid R90 atau sedikit diatasnya Hitachi EH1700, unit ini masih bisa "Bersaing", mulai dari segi kenyamanan tertentu dilihat dari segi kinerja-nya.Di Beberapa lokasi tambang, unit ini mendapat sebutan "Sedan-nya Tambang" hal ini karena ayunan-nya yang terasa "empuk" bila melewati jalan yang berlubang, karena sejak produk dasbor 3 hingga dasbor 7 sekarang, HD785 ini sudah menggunakan Mac Mac Link Strut (A-Frame) yang notabene banyak dipasang di mobil sedan kelas mewah, banyak operator yang senang jika disuruh untuk unit ini.Bahkan saking terkenalnya beberapa truk pesaing-pun juga disebut dengan HD He..he..he ... ( Bukannya OHT).
Belum lagi perpindahan gigi yang terasa halus saat melakukan Gear Shifting, karena unit ini juga menerapkan Advanced K-ATOMiCS (Advanced Komatsu-Advanced Transmission with Optimum Modulation Control) pada transimi-nya. Oke deh, buat saya kebanyakan menulis, mending kita berkenalan dengan salah satu produk terbaru Komatsu, yaitu HD785-7.Mari kita Mewakili bersama-sama….
1. Pendahuluan
Sejak diperkenalkan di pasaran pada tahun 1997, model truk dump truck 90t HD785-5 telah sangat diakui oleh pengguna karena kenyamanannya, kinerja rem retarder dan parameter lainnya. Namun demikian, sembilan tahun telah berlalu setelah masuk pasar dan kekuatan produknya telah membutuhkan perubahan dalam pandangan perubahan pasar dan peningkatan kualitas
mesin bersaing.
Selain itu, kepatuhan terhadap peraturan sosial, seperti regulasi emisi EPA Tier2 yang telah diberlakukan pada kelas mesin ini sejak 2006, telah diminta.
Dengan pemikiran ini, dump truck HD785-7, yang secara bersamaan menggabungkan produktivitas dan penghematan bahan bakar yang sangat baik, telah dikembangkan seperti yang dijelaskan di bawah ini.
2. Tujuan Pembangunan Bertujuan untuk mempertahankan keunggulan produk mesin yang ada, peningkatan produktivitas lebih lanjut, ekonomi bahan bakar, keamanan dan kenyamanan, serta kepatuhan terhadap kondisi dan peraturan lingkungan, menjadi sasaran. Tujuan pengembangan ditetapkan seperti yang dijelaskan pada Tabel 1.
3. Fitur Utama
3.1 Peningkatan produktivitas
1) Output mesin yang lebih besar
Dipasang dengan mesin KOMATSU SAA12V140E-3, output maksimum ditingkatkan menjadi 895kW (1217PS), terbesar di kelasnya.
2) Perubahan dimensi
tubuh Bentuk tubuh yang paling cocok dengan ekskavator besar karena semakin banyak excavator yang membuang ke dump truck baru-baru ini, selain dari loader besar.
3) Roda gigi mundur pilihan dua kecepatan
Jumlah pemindahan gigi mundur telah berubah menjadi dua shift (RH / RL), memungkinkan pemilihan shift yang lebih sesuai untuk pekerjaan lapangan tertentu. Kedua shift juga menggabungkan fungsi penguncian otomatis yang memungkinkan perjalanan menanjak ke belakang terus menerus tanpa perlu khawatir terlalu panas. (Gbr. 1)
3.2 Konsumsi bahan bakar rendah
1) Kontrol daya kuda yang bervariasi (VHPC)
Kontrol daya kuda yang bervariasi (VHPC: Variable Horse Power Control) baru saja digunakan untuk mencapai output mesin yang besar dan konsumsi bahan bakar rendah pada saat yang bersamaan. Selain mode perubahan sistem yang ada untuk mengubah mode menjadi Mode P atau Mode E dengan mengoperasikan switch pada panel di kursi operator, tergantung pada kondisi perjalanan dan tingkat kerja yang diperlukan, sistem ini secara otomatis mengubah daya engine menjadi tinggi output ketika bumi sedang dimuat ke dan ke output rendah ketika mendeteksi pemuatan bumi atau pemalasan oleh kendaraan itu sendiri, yang telah secara signifikan mengurangi konsumsi bahan bakar. (Gbr. 2)
2) Kontrol peralihan optimal
Ekonomi bahan bakar ditingkatkan dengan menggeser lebih awal untuk mengendalikan kecepatan mesin ketika pedal akselerator hanya disentuh ringan dan kendaraan tidak dipercepat dengan cepat. Sebaliknya, ketika akselerasi diperlukan dan pedal akselerator diinjak, menggeser mesin ke output maksimum dicegah dan kekuatan mesin sepenuhnya ditunjukkan.
3) Pengurangan loss horsepower Horsepower
loss dikurangi dengan membuat transmisi variabel tekanan relief utama, melalui transmisi kontrol kuantitas oli pelumas dan dengan membuat pompa muatan konverter torsi dan pompa kontrol transmisi independen. (Gbr. 3)
Menggabungkan fungsi-fungsi sebelumnya, konsumsi bahan bakar dapat dikurangi secara drastis dibandingkan dengan model yang ada. (Meja 2)
3.3 Keamanan dan kenyamanan yang ditingkatkan
1) Kabin baru
(1) Kabin besar yang memadukan ROPS dan FOPS Kabin terintegrasi yang mengintegrasikan ROPS dan FOPS diadopsi. Ketegasan kabin diperkuat dengan menerapkan struktur ROPS ke pilar kabin, sehingga meningkatkan keselamatan operator.
(2) Kebisingan rendah dan getaran
Kedap udara kabin ditingkatkan untuk mencegah intrusi suara. Kecepatan engine yang rendah dan kipas pendingin hybrid mengurangi kebisingan mesin, secara drastis mengurangi kebisingan di dalam kabin. Dudukan kabin adalah kenaikkan viskos yang unggul dalam kelembapan, menyediakan ruang tinggal yang tenang dengan sedikit getaran.
2) Reliabilitas rem yang ditingkatkan
(1) Kontrol hidraulik penuh 4-wheel wet type brakes Semua rem, termasuk rem parkir, adalah rem tipe basah dan dioperasikan oleh kontrol rem hidrolik sepenuhnya. Karena rem kering tidak digunakan, sistem pengereman bebas perawatan dan pengereman dapat diterapkan tanpa perlu khawatir memakai kampas rem, sangat meningkatkan keandalan. Rem servis dan retarder memiliki fitur rem dengan jeda waktu yang berkurang dan respons yang efektif.
(2) Retarder 4 roda
4-wheel retarder (AP-EMPAT [four-wheel oil-cooled multi-disc retarder dengan fungsi anti-pitching]) yang berlaku pengereman ke semua roda depan dan belakang digunakan. Beban ke ban disamakan dengan menerapkan bagian dari gaya pengereman ke roda depan, bukan hanya mengerem roda belakang, mengurangi penguncian roda belakang yang menyebabkan perilaku tidak stabil dan meningkatkan keselamatan. Kemampuan retarder ditunjukkan dengan lebih efektif. (Gbr. 4)
(3) Kontrol dump listrik
Dump control diubah menjadi kontrol listrik. Sebuah sensor mendeteksi waktu melekat pada tubuh sesaat sebelum tubuh menempel dan kecepatan turun tubuh dikendalikan oleh kontrol hidraulik, sangat mengurangi kejutan yang menempel pada tubuh.
3.4 Kepatuhan dengan kondisi lingkungan dan peraturan
Truk sampah dipasang dengan mesin KOMATSU SAA12V140E-3 yang memenuhi peraturan emisi EPA Tier2 AS dan regulasi gas yang habis di UE Tahap 2.
3.5 Peningkatan pemeliharaan
1) Sistem pemantauan baru dan fungsi diagnosis kegagalan
Berbagai meter dan lampu peringatan dipasang di panel instrumen untuk memahami kondisi kendaraan secara sekilas. Jika ada masalah dengan kendaraan, lampu alarm yang memperingatkan masalah akan menyala (flash), menampilkan sifat masalah dan metode pemecahan masalah dalam kode No. dan dalam pesan pada tampilan karakter. Dengan mengambil tindakan sebelum masalah berkembang menjadi kegagalan besar, waktu henti alat berat dapat dipersingkat dan biaya perbaikan berkurang.
2) VHMS dilengkapi sebagai ketentuan standar
Real-time, manajemen data operasional terpusat dari komponen utama sekarang tersedia sebagai spesifikasi standar. Pemantauan terus-menerus data operasional memungkinkan tindakan yang harus diambil untuk pemeliharaan preventif terhadap kegagalan kendaraan, dengan demikian memastikan perawatan kendaraan yang benar dan mengurangi waktu henti kendaraan.
3) Disc wheel (Flange type rim)
Perubahan dari tipe wedge ke tipe disc (tipe flange) untuk pemasangan roda memudahkan pemasangan roda dan turun. (Foto 2)
4) Peningkatan daya tahan dari sistem suspensi
Daya tahan sistem suspensi telah ditingkatkan dengan mengurangi tegangan bantalan ke permukaan bushing melalui peningkatan diameter batang, dengan meningkatkan ketahanan panas dari kemasan batang dan cincin penyangga dan dengan meningkatkan disegel minyak.
4. Pendahuluan Pasar
Truk sampah yang mulai beroperasi di Indonesia pasar lain berjalan dengan lancar. "Kekuatan tinggi" "ekonomi bahan bakar tinggi" secara khusus diakui oleh pengguna.
5. Kesimpulan
Pencapaian output mesin yang terbesar untuk kelas dan konsumsi bahan bakar rendah, serta rem tipe basah 4-roda dari tipe kontrol hidrolik penuh, terbukti menjadi tugas yang paling sulit dalam proses pengembangan. Namun, peningkatan dapat dimasukkan dalam komponen utama, termasuk tubuh, mesin, transmisi dan gandar, mencapai tujuan pembangunan.
Sumber: Komatsu Tech. Laporkan HD785-7
